Konsultasi GRATIS!

Untuk Melakukan Instalasi WordPress Secara Online, Apa yang Dibutuhkan?

 


WordPress merupakan platform paling populer dan banyak digunakan di dunia untuk membuat situs web. Bagi Anda yang ingin memulai proyek online menggunakan WordPress, berikut ini adalah langkah-langkah dan persyaratan yang harus Anda penuhi untuk melakukan instalasi WordPress secara online.

Tools SEO GRATIS:

  • !BARU Tools Auto Index Artikel 24jam
  • !BARU Tools Riset Keyword GRATIS
  • !BARU Tools Auto Generate Artikel #Adsense
  • !BARU Tools Rewrite Artikel UNIK
  • 1. Domain

    Domain adalah alamat unik yang digunakan untuk mengidentifikasi situs Anda di internet. Anda perlu memilih nama domain yang sesuai dengan tema situs web dan mudah diingat. Salah satu contoh domain adalah www.example.com. Anda bisa membeli domain dari penyedia domain seperti GoDaddy, Namecheap, atau Niagahoster.


    2. Web Hosting

    Web hosting adalah layanan penyimpanan data yang membuat situs web Anda dapat diakses secara online. Pilihlah paket hosting yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Beberapa penyedia hosting terkemuka yang mendukung WordPress meliputi SiteGroundBluehost, dan Hostinger.


    3. Akun cPanel

    Setelah membeli web hosting, Anda akan mendapatkan akses ke cPanel (Control Panel). cPanel adalah antarmuka pengguna grafis yang memudahkan Anda untuk mengelola situs web, database, dan email. Anda akan menggunakan cPanel untuk menginstal WordPress.


    4. Softaculous atau Auto Installer Lainnya

    Softaculous adalah auto installer yang memudahkan Anda untuk menginstal berbagai aplikasi web, termasuk WordPress. Biasanya, Softaculous sudah terintegrasi dalam cPanel. Jika penyedia hosting Anda tidak menyediakan Softaculous, bisa jadi mereka menggunakan auto installer lain seperti Fantastico atau Installatron.


    Langkah-langkah Instalasi WordPress Secara Online

    Langkah 1: Login ke cPanel

    Masukkan alamat cPanel, username, dan password yang diberikan oleh penyedia hosting Anda. Biasanya alamat cPanel berbentuk https://yourdomain.com/cpanel.

    Langkah 2: Cari Softaculous atau Auto Installer Lainnya

    Dalam cPanel, cari ikon Softaculous atau auto installer yang tersedia. Biasanya terletak di bagian "Software" atau "Auto Installers".

    Langkah 3: Pilih WordPress

    Klik ikon Softaculous atau auto installer, kemudian pilih WordPress dari daftar aplikasi yang tersedia.

    Langkah 4: Mulai Instalasi WordPress

    Klik tombol "Install" atau "Install Now" untuk memulai proses instalasi. Anda akan diminta untuk mengisi beberapa informasi seperti nama domain, direktori instalasi, judul situs, deskripsi situs, dan detail admin (username, password, dan email).

    Langkah 5: Selesaikan Instalasi

    Setelah mengisi informasi yang dibutuhkan, klik tombol "Install" di bagian bawah formulir. Proses instalasi akan berlangsung beberapa saat. Setelah selesai, Anda akan mendapatkan notifikasi dan tautan untuk mengakses situs serta dashboard WordPress Anda.

    Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda telah berhasil melakukan instalasi WordPress secara online. Sekarang Anda bisa mulai mengelola situs Anda, menginstal tema, dan memasang plugin untuk meningkatkan fungsionalitas situs web Anda. Selamat mencoba!

    © Copyright 2024 Alamat Kp.Partel RT/03 RW/09 Cibatu Garut WEST JAVA Indonesia Kode Pos 44185 | WA +6285864523924 TetaDigital Cara Sukses di Dunia Digital | Privacy Policy | Terms and Conditions | Disclaimer