Konsultasi GRATIS!

semua yang perlu anda ketahui tentang tautan balik ( backlink )

 

Optimisasi mesin pencari atau SEO adalah salah satu strategi utama untuk pemasaran melalui situs web menawarkan banyak keuntungan dari biaya rendah, membangun kepercayaan antara merek dan pengguna, menyediakan sumber lalu lintas permanen, dan salah satu aspek penting dari SEO adalah backlink, yang mana memungkinkan untuk meningkatkan kepercayaan situs dengan mesin pencarian

Apa itu backlink atau backlink? 

Semua yang perlu Anda ketahui tentang Tautan Balik
Tautan, tautan, katalis, tautan eksternal

Mungkin Kamu butuh Tools SEO GRATIS :

Tautan balik menghubungkan situs web Anda ke situs lain atau merujuknya dengan menambahkan tautan ke salah satu halamannya, karena mesin telusur seperti Google menganggapnya sebagai rekomendasi bahwa situs ini menawarkan produk, layanan, atau konten berkualitas tinggi dan kemudian akan dimulai. untuk memberikan kepercayaan yang lebih tinggi dan dengan demikian meningkatkan peringkatnya dalam hasil pencarian. 

Ini memiliki banyak jenis, seperti yang akan kita pelajari nanti, karena situs yang mendapatkan backlink lebih banyak akan lebih baik daripada situs yang tidak memiliki backlink. Tautan ini mungkin didedikasikan untuk beberapa artikel di situs, halaman produk, atau halaman beranda.

Baca juga: Tools Buat Artikel Pilar #1 Google Flatform Blogger Canggih

Manfaat backlink ke situs web Anda

Selain manfaat besar backlink dalam meningkatkan peringkat situs di hasil pencarian, backlink juga memberikan banyak manfaat lain yang memungkinkan Anda meningkatkan kesuksesan situs web Anda dalam berbagai aspek, karena Anda akan dapat memperoleh: 

Meningkatkan peringkat situs 

Setelah situs memiliki backlink dan kemudian diarsipkan oleh spider mesin pencari, Anda akan dapat mengukur sejauh mana peningkatan peringkat situs Anda. Di mana ia akan mendapatkan kepercayaan dari mesin pencari untuk meningkatkan peringkat, dan pada saat yang sama, Google menganggap tautan balik sebagai salah satu kriteria yang menentukan peringkat situs dalam hasil pencariannya. 

catatan

Tautan balik yang meningkatkan peringkat situs dibangun secara bertahap dan sepenuhnya alami.Jika mesin telusur memperhatikan bahwa ada beberapa metode yang dilarang seperti membeli tautan balik atau penautan acak, situs tersebut akan dihukum, dan dalam kasus terbaik, peringkatnya akan penurunan hasil pencarian. 

Meningkatkan kesadaran merek 

Selain meningkatkan peringkat situs dalam hasil pencarian, saat Anda menautkan ke situs lain, Anda akan mendapatkan kunjungan dari situs tersebut dan dengan demikian meningkatkan kesadaran merek Anda. Misalnya, jika Anda memiliki toko online , ketika Anda menautkannya ke salah satu situs lain, Anda akan mendapatkan kunjungan dari orang-orang yang sudah tertarik dengan produk dan layanan Anda. 

Meningkatkan kunjungan ke situs 

Tautan balik berkontribusi secara efektif untuk meningkatkan jumlah kunjungan ke situs, baik dari hasil pencarian atau melalui situs yang ditautkan, dan di sini dimungkinkan untuk menggunakan alat seperti Google Analytics . Untuk mempelajari tentang sumber kunjungan ke situs dan situs mana yang memberi Anda lebih banyak lalu lintas. Yang membedakan backlink visit adalah tepat sasaran dan memiliki bounce rate yang lebih rendah

Tingkatkan keandalan situs web 

Ketika situs Anda mendapatkan backlink, Anda meningkatkan keandalan situs, konten, produk atau layanan yang Anda berikan, baik untuk mesin pencari maupun pengguna atau pembeli. Bayangkan saja halaman produk Anda mendapatkan backlink dari toko Amazon , maka pengunjung pasti akan membeli produk tersebut dan mereka yakin akan mendapatkan produk yang berkualitas dan sesuai dengan harapan mereka. 

Tautan balik memungkinkan Anda mendapatkan tautan balik 

Ini adalah keuntungan atau fakta yang tidak diketahui banyak orang, yaitu setiap kali Anda mendapatkan tautan eksternal, itu akan mendorong pemilik situs web dan blog lain untuk menautkan ke suatu situs dan merujuknya dengan alasan bahwa itu berkualitas tinggi. dan percaya diri. Selain itu, backlink meningkatkan kehadiran digital Anda dengan menunjuk ke merek Anda dan mempromosikannya di seluruh Internet. 

Mengapa backlink penting untuk mesin pencari?

Lebih dari sepuluh tahun yang lalu, Google hanyalah sebuah perusahaan pemula yang bekerja untuk menyediakan konten dan hasil pencarian terbaik bagi pengguna yang mencari informasi spesifik di mesin pencarinya, dan setelah itu persaingan antara mesin pencari Google dan mesin pencari lainnya dimulai, tetapi mereka berhasil bersaing dengan luar biasa melalui Menyediakan konten berkualitas tinggi. 

Alasannya adalah Google pada saat itu memanfaatkan kekuatan backlink untuk meningkatkan kehadiran digitalnya dan menarik lebih banyak pengguna ke mesin pencarinya. Karenanya, saya menyadari bahwa rekomendasi, ucapan, dan sinyal yang tidak dapat Anda kendalikan adalah cara terbaik untuk mengetahui keandalan situs Anda. 

Setelah itu, algoritme Google dikembangkan untuk mengidentifikasi tautan balik, dan sekelompok faktor ditambahkan, termasuk kecepatan situs, rasio pentalan, kualitas konten, struktur situs, dll. Tetapi tautan balik dulu dan masih merupakan faktor terpenting yang memengaruhi peringkat situs di hasil pencarian dan menunjukkan keandalannya Oleh karena itu, kami menemukan seluruh bagian Dari SEO disebut SEO eksternal. 

Apa saja jenis-jenis backlink? 

Backlink memiliki banyak jenis yang berbeda menurut sumber atau metode penautannya, tetapi pada umumnya kita menemukan dua jenis:  dofollow dan nofollow. Karena rata-rata orang mungkin tidak menemukan perbedaan antara keduanya, tetapi spider mesin pencari memiliki percakapan lain.Sekarang mari kita mengenal dua jenis backlink: 

Dofollow backlink

Jenis backlink ini adalah yang paling populer, paling populer, dan bernilai tinggi bagi mesin telusur.Bila tautannya berjenis dofollow, itu berarti bagi mesin telusur bahwa tautan itu organik dan Anda tidak membelinya, dan pada pada saat yang sama situs Anda menyediakan konten berkualitas tinggi.

Pada saat yang sama, ini mungkin sangat berbahaya, terutama jika situs yang merujuk ke situs Anda memiliki reputasi buruk atau menyediakan konten yang mencurigakan. Dalam hal ini, jenis tautan ini perlu ditolak, dan kita akan mempelajarinya nanti bagaimana cara melakukannya. 

Saat menautkan ke situs lain, tautan tersebut muncul secara normal

Semua yang perlu Anda ketahui tentang Tautan Balik

Backlink nofollow

Salah satu jenis tautan yang tidak memiliki banyak nilai untuk mesin pencari secara langsung, tetapi pada saat yang sama dapat menjadi alasan untuk mendapatkan tautan Dofollow yang bernilai tinggi ke situs Nofollow berarti search spider tidak mengikuti tautan ini , bahkan bukan teks jangkar. 

Tautan nofollow terlihat seperti ini dengan tambahan elemen “rel=nofollow”: 

Ini tidak berarti bahwa tautan nofollow tidak berharga untuk diabaikan tetapi adalah tepat untuk menggabungkan kedua jenis tersebut sehingga Anda dapat memiliki strategi penautan eksternal yang kuat yang meyakinkan mesin telusur bahwa Anda memiliki sesuatu yang benar-benar alami. Anda bisa mendapatkan tautan Nofollow dari sumber-sumber berikut: 

  • Situs media sosial, seperti Facebook, Twitter, dan LinkedIn.
  • Komentar blog. 
  • Situs agregasi konten dan direktori seperti Wikipedia. 
  • Situs tanya jawab seperti Quora .
  • forum. 

Cara membuat backlink yang kuat 

Karena backlink ditautkan untuk meningkatkan peringkat situs dalam hasil pencarian, backlink perlu mendapat perhatian dengan mulai membangun strategi backlink profesional, dan di baris berikut, berikut adalah beberapa tip yang membantu Anda dalam hal itu: 

Perbaiki backlink yang rusak 

Langkah pertama dalam mengoptimalkan strategi backlink Anda harus dengan mengatasi tautan yang rusak, dengan menggunakan alat pendeteksi tautan yang rusak seperti Check my Links , yang hadir sebagai add-on di Google Chrome, dan pada saat yang sama Anda dapat menggunakan metode manual. untuk menguji setiap tautan pada unit tetapi Anda akan membutuhkan banyak waktu dan tenaga. 

Setelah memastikan bahwa ada tautan yang rusak, Anda harus menghubungi pengelola atau pemilik situs, dan jika Anda tidak mengetahui situs yang terkait dengan situs Anda, Anda harus pergi ke Google webmaster > dan buka bagian Tautan > Tautan Eksternal > situs paling penting yang tertaut ke situs Anda. 

Semua yang perlu Anda ketahui tentang Tautan Balik


Ketergantungan pada posting tamu 

Posting tamu atau artikel tamu adalah cara yang efektif untuk mendapatkan backlink yang kuat, dengan menerbitkan artikel di situs terkenal yang memiliki keandalan tinggi di antara mesin pencari dan pengguna. Demi meningkatkan peringkat situs dan meningkatkan kunjungan. 

Posting tamu adalah salah satu cara terbaik untuk mendapatkan backlink, karena khusus untuk kata kunci, dan pada saat yang sama ada lebih dari satu tautan ke situs Anda dalam satu artikel. Dan jika menurut Anda ada kesulitan dalam mendapatkan posting tamu, sebenarnya tidak demikian, karena bahkan Google menerima artikel tamu di blog Google Analytics-nya. 

Ada juga banyak cara untuk mendapatkan peluang posting tamu dengan mencari di Google dengan opsi berikut: 

  • kata kunci + menulis kepada kami. 
  • Keynote + artikel tamu. 
  • Kata kunci + bergabunglah dengan kami. 
  • Kata Kunci + Berkontribusi bersama kami. 
  • kata kunci + kami membutuhkan seorang penulis. 
  • Kata kunci + Kami menerima kiriman tamu. 

Dimungkinkan juga untuk mencari di platform media sosial seperti Twitter dan facebook melalui pos tamu, tautan balik, dan tautan balik. 

Memata-matai pesaing 

Karena backlink bergantung pada seberapa andal situs tersebut ditautkan, mendapatkan backlink dari situs tepercaya pesaing Anda akan memberi mereka kesempatan untuk mengungguli Anda dan memberi peringkat situs mereka lebih baik daripada situs Anda. Di sini, Anda harus mengikuti strategi tautan eksternal pesaing Anda untuk memberi peringkat situs Anda lebih baik daripada mereka. 

Misalnya, Anda harus mengetahui jumlah backlink yang mereka dapatkan, situs yang mereka tautkan, dan kata kunci atau teks target.Berikut adalah banyak alat yang memungkinkan Anda untuk memata-matai strategi tautan eksternal pesaing seperti ubersuggest dan Ahref s .

Mencari peluang backlink adalah salah satu sumber lalu lintas situs web terpenting

Seperti yang kita ketahui sebelumnya, melalui alat webmaster, Anda dapat mengidentifikasi situs tempat Anda mendapatkan kunjungan secara permanen dan dalam jumlah besar, karena jenis situs ini selalu merujuk ke situs Anda dan pada saat yang sama mereka akan sepenuhnya siap untuk ditautkan ke situs Anda. situs lagi, atau Anda dapat memberikan konten yang mirip dengan konten yang mereka sukai untuk mendapatkan backlink secara terus menerus. 

Selain alat webmaster, Anda juga dapat menggunakan alat Google Analytics dan mempelajari tentang sumber rujukan atau kunjungan ke situs, atau Anda dapat menginstal add-on MonsterInsights di situs WordPress Anda untuk melacak semua statistik dari dalam kontrol WordPress panel . 

Buat konten yang berharga 

Konten mungkin menjadi salah satu syarat terpenting untuk mendapatkan backlink yang kuat, alami, dan permanen. Saat membuat konten yang memecahkan masalah bagi pengguna atau audiens dan memberi mereka saran dan nilai yang besar, juga perlu membuat konten yang cocok untuk blogger lain. dapat dirujuk Salah satu jenis konten yang baik dalam hal ini adalah panduan komprehensif dan artikel cara-cara. 

Meskipun konten yang berharga diperlukan, strategi membangun backlink membutuhkan waktu lama untuk mendapatkan hasil yang nyata.Misalnya, jika Anda memiliki blog yang berkaitan dengan pemasaran digital, Anda dapat menulis konten tentang “Panduan Lengkap untuk Backlink atau Semua yang Ingin Anda Ketahui Tentang SEO . ” 

Tapi bagaimana Anda tahu konten apa yang akan menarik beberapa backlink untuk Anda? Melalui penggunaan alat analitik digital seperti Google Analytics, Anda akan dapat mengidentifikasi halaman atau konten mana yang mendapatkan lebih banyak lalu lintas dan minat, lalu Anda dapat membuat konten yang disesuaikan dengan minat tersebut. 

Buat beberapa infografis 

Infografis dan grafik visual tidak lain adalah representasi visual dari data dan informasi melalui gambar, bentuk, dan bagan, karena mudah dipahami dan membantu menyerap informasi dengan cara yang mudah dan lancar, dan pada saat yang sama memiliki tingkat partisipasi yang lebih tinggi. Oleh karena itu, dengan menggunakannya, Anda akan mendapatkan backlink ke situs Anda, baik di platform media sosial maupun melalui situs lain. Untuk membuat infografis, tidak perlu menjadi seorang desainer, dimungkinkan untuk menggunakan salah satu alat gratis di Internet, seperti alat Canva . 

Kesalahan yang harus dihindari saat membuat strategi backlink 

Setelah mempelajari tentang cara-cara yang memungkinkan Anda membangun strategi backlink, sekarang saatnya untuk mengeksplorasi kesalahan yang mungkin Anda atau pemasar lain lakukan, karena eksploitasi backlink yang salah akan menurunkan peringkat situs Anda di mesin pencari atau mendapatkan penalti, sebagai akibat memulai strategi yang salah, yaitu: 

Beli dan jual backlink 

Jual beli backlink atau backlink pasti akan merugikan situs anda, terutama berkaitan dengan peringkatnya di search engine, karena search spider sekarang sudah lebih pintar dan memiliki algoritma yang memungkinkan mereka untuk mengidentifikasi kasus jual beli link, sehingga sangat tepat untuk menghindari pengambilan langkah ini dan pastikan bahwa semua tautan yang mendapatkannya benar-benar organik. Tetapi pada saat yang sama, ada cara yang memungkinkan Anda membeli tautan dengan aman, tetapi Anda mungkin membutuhkan pengalaman. 

Buat tautan dofollow atau nofollow saja 

Salah satu kesalahan terbesar yang mungkin dilakukan banyak orang adalah mengadopsi atau membuat satu jenis backlink, apakah itu nofollow atau dofollow, karena berfokus pada satu jenis kesalahan SEO eksternal yang di masa mendatang mengarah ke Google menghukum situs Anda. 

Seperti yang telah kita bahas sebelumnya, tautan nofollow tidak memberikan nilai apa pun ke situs karena tidak mengizinkan mesin telusur merayapi atau mengenali kata kunci atau teks tautan, tetapi pada saat yang sama memberi dorongan besar pada situs, terutama ketika Anda ada di platform media sosial atau di komentar blog lain. 

Membangun tautan dari halaman atau situs web yang tidak diindeks 

Terkadang pemilik situs mencegah pengindeksan konten atau beberapa halaman karena mereka tidak ingin konten tersebut muncul di mesin pencari, dan dalam hal ini tidak akan ada nilai dari backlink yang Anda dapatkan dari halaman atau situs jenis ini, dan Anda dapat mempelajarinya kualitas situs atau halaman yang Anda dapatkan Dapatkan tautan melalui alat pemantauan backlink Semrush  . 

Cara menolak backlink 

Jika Anda melakukan kesalahan backlink sebelumnya, Anda dapat menangani masalah tersebut dan menghapus link tersebut, sehingga situasinya kembali seperti Anda tidak mendapatkan backlink sebelumnya, melalui alat konsol pencarian google . Berikut adalah cara untuk menolak backlink yang diperoleh situs: 

  • Pertama, Anda harus pergi ke konsol pencarian google > laporan tautan > pilih situs teratas yang tertaut ke situs > klik lebih banyak di bawah. 
  • Kemudian klik opsi ekspor di bagian atas, untuk dapat melihat semua situs yang ditautkan ke suatu situs.  
  • Pilih link yang ingin Anda tolak, dan tambahkan ke file teks (*.txt). 
  • Kemudian buka alat Tolak Tautan untuk mengunggah file ini, dan prosesnya akan selesai setelah beberapa minggu. 

Kesimpulan 

Tautan balik, tautan balik, atau SEO eksternal adalah strategi penting yang meningkatkan keberadaan situs Anda di mesin telusur , karena meningkatkan peringkatnya dan memastikan memperoleh sumber kunjungan permanen yang dapat diubah menjadi penjualan atau konversi dengan mudah. Namun pastikan Anda menggunakan strategi ini dengan cara yang benar agar tidak berdampak negatif pada website Anda. 

artikel terkait




© Copyright 2024 Alamat Kp.Partel RT/03 RW/09 Cibatu Garut WEST JAVA Indonesia Kode Pos 44185 | WA +6285176973730 TetaDigital Cara Sukses di Dunia Digital | Privacy Policy | Terms and Conditions | Disclaimer