Konsultasi GRATIS!

Berikut Pengenalan Internet of Things dan Contohnya Adalah

Berikut Pengenalan Internet of Things dan Contohnya Adalah

Latar Belakang Dan Sejarah IoT

Latar Belakang IoTInternet of Things atau lebih dikenal dengan IoT adalah jaringan nirkabel yang terdiri dari berbagai object seperti smartphone, yang tersambung ke internet dan dapat berkomunikasi satu sama lain.

MUNGKIN KAMU PERLU TOOLS SEO GRATIS

Konsep IoT pertama kali diperkenalkan pada tahun 1991 dalam makalah Andel dan Thacker oleh Kevin Ashton mengenai kemampuan object fisik untuk terkoneksi dan termonitor melalui internet. Konsep IoT terus berkembang seiring dengan perkembangan teknologi seperti artificial intellegence, sensor dan konektivitas yang memungkinkan semakin banyak object untuk terhubung.

Saat ini IoT sudah bisa diterapkan ke industri, perumahan pintar, pertanian cerdas dan bidang lainnya.

>Sejarah IoT- Tahun 1991: Kevin Ashton pertama kali memperkenalkan istilah Internet of Things.

- Tahun 1999: Kevin Ashton melakukan ujicoba pertama kali dengan memonitor keadaan dus bir dengan menggunakan RFID.

- Tahun 2008: Perangkat IoT mulai bermunculan seperti fitbit, nest thermostat dan lainnya.- Tahun 2016: Standar IPv6 mulai diterapkan untuk memungkinkan lebih banyak perangkat terhubung ke internet.

Definisi Dan Karakteristik IoT

Internet of Things (IoT) adalah suatu teknologi yang memungkinkan semua perangkat fisik terhubung ke jaringan internet dan memungkinkan terjadinya pertukaran data . Karakteristik dari IoT adalah di mana perangkat bisa mengumpulkan, mentransmisikan, dan menerima data secara otomatis, dengan sedikit atau tanpa campur tangan manusia.

IoT juga memiliki tiga komponen utama, yaitu sensor untuk mencatat data, konektivitas untuk mentransfer data, serta platform atau sistem untuk menganalisis, mengelola, dan menyimpan data. Dengan adanya IoT, kita dapat mengoptimalkan penggunaan perangkat dan memberikan solusi untuk meningkatkan kenyamanan, keamanan, dan efisiensi dalam kehidupan sehari-hari.

Contoh penerapan IoT meliputi kontrol suhu di rumah tangga, kendaraan otonom, dan monitoring kesehatan.

Konsep IoT

Internet of Things (IoT) merupakan konsep komputasi yang berfokus pada objek-objek fisik yang terhubung dengan internet atau jaringan wireless. Konsep IoT ini menghubungkan perangkat, sensor, dan sistem untuk dapat saling berkomunikasi dan melakukan operasi secara otomatis dan efisien.

Contoh dari aplikasi IoT yang sudah banyak digunakan adalah smart home, smart city, eFishery, serta bike sharing. IoT memberikan banyak manfaat seperti penghematan energi, efisiensi waktu dan biaya, peningkatan produktivitas, dan kemudahan dalam mengakses informasi.

Perkembangan teknologi IoT terus berkembang dan memberikan dampak yang sangat besar bagi kehidupan kita dalam berbagai aspek.

Pengertian IoT Dan Bagaimana IoT Bekerja

IoT atau Internet of Things adalah teknologi yang memungkinkan perangkat elektronik untuk terhubung dan saling berkomunikasi melalui jaringan internet. Pada dasarnya, IoT bekerja dengan menggunakan sensor dan perangkat yang terhubung ke internet yang bisa saling berinteraksi untuk memungkinkan terjadinya aksi otomatis.

Contoh dari aplikasi IoT adalah smart home, yang memungkinkan pengguna untuk mengontrol perangkat rumah tangga secara otomatis melalui smartphone mereka, seperti lampu, pengatur suhu, mesin cuci, dan lain sebagainya.

Baca Juga : Cara Mengeset Mode Dark Pada Blogger

Selain itu, IoT juga digunakan dalam industri untuk memonitor produksi dan kondisi mesin secara real-time, sehingga proses produksi bisa menjadi lebih efisien dan termonitor dengan baik. IoT memungkinkan terciptanya konektivitas antara perangkat yang berbeda dan menghasilkan data yang bermanfaat untuk perbaikan dan pengambilan keputusan yang lebih baik.

Dasar Teknologi IoT

Internet of Things atau IoT adalah teknologi baru yang telah berkembang pesat dalam beberapa tahun terakhir . Teknologi ini memungkinkan perangkat-perangkat elektronik seperti mobil, perangkat rumah tangga, dan bahkan pakaian untuk terhubung ke internet dan berkomunikasi dengan perangkat lainnya.

Dengan demikian, IoT menghadirkan kemudahan dan efisiensi dalam segala aspek kehidupan, termasuk di industri, pertanian, dan kesehatan. Dasar teknologi IoT terdiri dari sensor, koneksi jaringan, dan analisis data.

Sensor berfungsi untuk mengumpulkan data dari perangkat yang terhubung. Koneksi jaringan berfungsi untuk mempertukarkan data antar perangkat, sedangkan analisis data berfungsi untuk mengolah data yang telah terkumpul menjadi informasi yang berguna.

Dalam era Industri 4.0 yang terus berkembang, IoT menjadi salah satu dasar teknologi yang semakin penting untuk diperhatikan.

Akhir Kata

Dalam era digital saat ini, penggunaan teknologi semakin berkembang dengan pesat. Salah satu teknologi yang sedang ramai dibahas adalah Internet of Things atau IoT. IoT adalah teknologi yang memungkinkan berbagai perangkat dapat terhubung dan saling berkomunikasi melalui jaringan internet.

Contohnya adalah kulkas yang dapat memberitahukan kepada pemiliknya melalui pesan singkat tentang stok makanan yang masih tersedia . Selain itu, IoT juga dapat diaplikasikan pada industri dan pertanian, di mana penggunaan sensor dan sistem otomatis dapat membantu meningkatkan efisiensi dan produktivitas.

Dalam upaya menyongsong era Industri 4.0, pengenalan dan penerapan teknologi IoT menjadi suatu hal yang perlu diperhatikan dan diimplementasikan secara seksama untuk mendukung kemajuan dalam berbagai bidang.

Artikel terkait

SELENGKAPNYA TONTON VIDEO INI
#Tag Artikel


© Copyright 2024 Alamat Kp.Partel RT/03 RW/09 Cibatu Garut WEST JAVA Indonesia Kode Pos 44185 | WA +6285176973730 TetaDigital Cara Sukses di Dunia Digital | Privacy Policy | Terms and Conditions | Disclaimer