Konsultasi GRATIS!

Thumbnail Website Tidak Muncul: Penyebab Dan Cara Mengatasinya


Thumbnail Website Tidak Muncul: Penyebab Dan Cara Mengatasinya

Hallo semuanya, apa kabar? Kali ini kita akan membahas tentang masalah yang sering dialami oleh para pengelola website, yaitu thumbnail website tidak muncul. Thumbnail website adalah gambar kecil yang mewakili isi dari sebuah halaman web. Thumbnail ini biasanya ditampilkan di mesin pencari, media sosial, atau aplikasi lainnya ketika kita membagikan link website kita. Thumbnail website sangat penting untuk menarik perhatian pengunjung dan meningkatkan klik. Namun, terkadang thumbnail website tidak muncul atau tidak sesuai dengan yang kita inginkan. Apa saja penyebabnya dan bagaimana cara mengatasinya? Simak pembahasan berikut ini.

Penyebab Thumbnail Website Tidak Muncul

Penyebab Thumbnail Website Tidak Muncul

Baca Juga:
Pemula Wajib Tau Perbedaan Website Gratis Dan Berbayar

Ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan thumbnail website tidak muncul, antara lain:

  • Kesalahan pada kode HTML atau meta tag. Meta tag adalah kode yang memberi informasi tentang halaman web kepada mesin pencari atau aplikasi lainnya. Meta tag yang berkaitan dengan thumbnail website adalah <meta property="og:image"> untuk Facebook, <meta name="twitter:image"> untuk Twitter, dan <link rel="image_src"> untuk Google. Jika kode ini salah atau tidak ada, maka thumbnail website tidak akan muncul.
  • Kesalahan pada pengaturan cache. Cache adalah tempat penyimpanan sementara data yang sering diakses oleh browser atau aplikasi. Cache berguna untuk mempercepat proses loading halaman web. Namun, cache juga bisa menyimpan data lama yang sudah tidak relevan lagi. Jika cache belum diperbarui, maka thumbnail website yang ditampilkan bisa saja sudah kadaluarsa atau tidak sesuai dengan yang terbaru.
  • Kesalahan pada ukuran atau format gambar. Ukuran atau format gambar yang tidak sesuai dengan standar yang ditetapkan oleh mesin pencari atau aplikasi bisa menyebabkan thumbnail website tidak muncul atau pecah. Misalnya, Facebook merekomendasikan ukuran gambar minimal 1200 x 630 piksel dan format JPG atau PNG. Jika ukuran atau format gambar berbeda, maka thumbnail website bisa tidak optimal.
Baca Juga:
Chat GPT: Pilih Yang Gratis Atau Berbayar?

Cara Mengatasi Thumbnail Website Tidak Muncul

Cara Mengatasi Thumbnail Website Tidak Muncul

Setelah mengetahui penyebabnya, sekarang kita akan membahas cara mengatasi thumbnail website tidak muncul, yaitu:

  • Baca Juga:
  • Meningkatkan Peringkat SEO: Selain Keyword, Perhatikan Ini!
  • Memeriksa dan memperbaiki kode HTML atau meta tag. Pastikan kode HTML atau meta tag yang berkaitan dengan thumbnail website sudah benar dan ada di halaman web yang ingin kita bagikan. Kita bisa menggunakan alat bantu seperti Facebook Debugger, Twitter Card Validator, atau Google Structured Data Testing Tool untuk memeriksa dan menguji kode HTML atau meta tag kita.
  • Membersihkan cache browser atau aplikasi. Jika kita sudah memperbaiki kode HTML atau meta tag, tapi thumbnail website masih tidak muncul, maka bisa jadi cache browser atau aplikasi belum diperbarui. Kita bisa membersihkan cache browser atau aplikasi dengan cara menghapus riwayat penjelajahan, data situs web, atau data aplikasi di pengaturan browser atau aplikasi.
  • Mengubah ukuran atau format gambar. Jika kode HTML atau meta tag dan cache sudah benar, tapi thumbnail website masih tidak muncul atau pecah, maka bisa jadi ukuran atau format gambar yang bermasalah. Kita bisa mengubah ukuran atau format gambar dengan menggunakan alat bantu seperti Canva, Photoshop, atau Paint. Pastikan ukuran atau format gambar sudah sesuai dengan standar yang ditetapkan oleh mesin pencari atau aplikasi.

Kesimpulan

Kesimpulan

Thumbnail website adalah gambar kecil yang mewakili isi dari sebuah halaman web. Thumbnail website sangat penting untuk menarik perhatian pengunjung dan meningkatkan klik. Namun, terkadang thumbnail website tidak muncul atau tidak sesuai dengan yang kita inginkan. Penyebabnya bisa berasal dari kode HTML atau meta tag, cache browser atau aplikasi, atau ukuran atau format gambar. Cara mengatasinya adalah dengan memeriksa dan memperbaiki kode HTML atau meta tag, membersihkan cache browser atau aplikasi, atau mengubah ukuran atau format gambar. Semoga artikel ini bermanfaat dan membantu kalian mengatasi masalah thumbnail website tidak muncul. Sampai jumpa kembali di artikel menarik lainnya.

Thumbnail Website Tidak Muncul: Penyebab dan Cara Mengatasinya

Orang Juga Bertanya

  1. Mengapa thumbnail Artikel tidak muncul saat dibagikan di Twitter?

    Hal ini mungkin disebabkan oleh beberapa faktor, seperti ukuran gambar yang tidak sesuai atau tidak memenuhi persyaratan Twitter, kesalahan koneksi internet, atau masalah teknis di Twitter. Untuk memperbaikinya, Anda dapat mencoba mengubah ukuran gambar atau memeriksa koneksi internet Anda.

  2. Bagaimana cara menampilkan thumbnail di Windows?

    Untuk menampilkan thumbnail di Windows, Anda dapat mengaktifkan opsi "Always show icons, never thumbnails" di pengaturan folder. Caranya, buka File Explorer, klik kanan pada folder yang ingin diatur, pilih Properties, lalu centang opsi "Always show icons, never thumbnails" di tab View.

Mau website Anda muncul di halaman pertama pencarian?

  1. Apa Penyebab gambar tidak muncul di web?

    Penyebab gambar tidak muncul di web dapat disebabkan oleh beberapa faktor, seperti kesalahan server, kesalahan url gambar, ukuran gambar yang terlalu besar, atau masalah koneksi internet. Untuk memperbaikinya, Anda dapat memeriksa koneksi internet Anda, memeriksa url gambar, atau mengubah ukuran gambar agar sesuai dengan ukuran yang diperlukan.

  2. Bagaimana cara mengatasi gambar thumbnail tidak muncul di preview link WhatsApp?

    Untuk mengatasi gambar thumbnail tidak muncul di preview link WhatsApp, Anda dapat mencoba memperbaiki ukuran gambar agar sesuai dengan persyaratan WhatsApp atau menggunakan meta tag untuk menentukan thumbnail yang akan ditampilkan.

  3. Mengapa gambar thumbnail tidak muncul saat share di WhatsApp maupun Facebook?

    Hal ini bisa disebabkan oleh ukuran gambar yang tidak memenuhi persyaratan Facebook atau WhatsApp, kesalahan url gambar, atau masalah teknis di Facebook atau WhatsApp. Untuk mengatasinya, Anda dapat mencoba mengubah ukuran gambar atau memeriksa url gambar yang digunakan.

  4. Mengapa gambar thumbnail tidak keluar?

    Gambar thumbnail mungkin tidak keluar karena beberapa faktor, seperti ukuran gambar yang terlalu besar atau tidak memenuhi persyaratan platform yang digunakan, kesalahan url gambar, atau masalah teknis di platform yang digunakan. Untuk memperbaikinya, Anda dapat mencoba mengubah ukuran gambar, memeriksa url gambar, atau memeriksa masalah teknis di platform yang digunakan.

  5. Mengapa WordPress tidak dapat menampilkan thumbnail gambar yang sebelumnya diunggah Setelah konfigurasi diubah?

    Hal ini bisa terjadi karena beberapa faktor, seperti kesalahan konfigurasi di WordPress, kesalahan url gambar, atau masalah teknis pada server. Untuk mengatasi masalah ini, Anda dapat mencoba memeriksa konfigurasi di WordPress, memeriksa url gambar, atau memeriksa masalah teknis pada server.

  6. Bagaimana cara memeriksa bahwa gambar thumbnail / featured image pada setiap artikel sudah ditambahkan?

    Untuk memeriksa apakah gambar thumbnail atau featured image pada setiap artikel sudah ditambahkan, Anda dapat membuka editor artikel di WordPress dan memeriksa bagian "Featured Image" atau "Post Thumbnail". Jika gambar thumbnail atau featured image sudah ditambahkan, maka gambar tersebut akan muncul di halaman artikel.

  7. Apa itu featured image atau post thumbnail di WordPress?

    Featured image atau post thumbnail di WordPress adalah gambar yang ditentukan untuk menjadi representasi visual dari sebuah artikel atau halaman di situs WordPress. Gambar tersebut akan muncul di halaman artikel atau halaman sebagai thumbnail atau gambar utama.

  8. Bagaimana cara melihat gambar di situs WordPress?

    Untuk melihat gambar di situs WordPress, Anda dapat membuka halaman atau artikel yang mengandung gambar tersebut dan memeriksa apakah gambar tersebut sudah muncul. Jika gambar tidak muncul, maka Anda dapat memeriksa kode sumber situs untuk memeriksa apakah url gambar sudah benar atau tidak.

  9. Apa yang terjadi jika folder WordPress terlalu besar?

    Jika folder WordPress terlalu besar, maka hal inidapat mempengaruhi kinerja situs dan memperlambat waktu muat halaman. Hal ini juga dapat mempengaruhi ketersediaan penyimpanan di server dan menyebabkan masalah teknis lainnya. Untuk mengatasi masalah ini, Anda dapat mencoba menghapus file atau plugin yang tidak diperlukan atau memindahkan file ke penyimpanan eksternal.

  10. Apa yang terjadi jika hosting WordPress tidak stabil?

    Jika hosting WordPress tidak stabil, maka hal ini dapat mempengaruhi kinerja situs dan menyebabkan masalah teknis seperti downtime atau lambatnya waktu muat halaman. Hal ini dapat mempengaruhi pengalaman pengguna dan mempengaruhi ketersediaan situs di mesin pencari. Untuk mengatasi masalah ini, Anda dapat memilih hosting yang lebih stabil atau menghubungi provider hosting untuk memperbaiki masalah teknis.

  11. Bagaimana Cara membuat artikel tidak muncul di halaman Google?

    Untuk membuat artikel tidak muncul di halaman Google, Anda dapat menonaktifkan indeksasi artikel dengan menggunakan meta tag "noindex". Meta tag ini akan memberitahu mesin pencari untuk tidak mengindeks halaman atau artikel tersebut. Anda juga dapat menggunakan plugin SEO di WordPress untuk mengatur indeksasi artikel.

  12. Apa Penyebab website tidak tampil setelah upload di hosting?

    Penyebab website tidak tampil setelah upload di hosting dapat disebabkan oleh beberapa faktor, seperti kesalahan konfigurasi file atau database, masalah koneksi ke server, atau masalah teknis pada server. Untuk mengatasi masalah ini, Anda dapat memeriksa konfigurasi file atau database, memeriksa koneksi ke server, atau menghubungi provider hosting untuk memperbaiki masalah teknis.

  13. Bagaimana cara mengetahui website saya tidak muncul di mesin pencari Google?

    Untuk mengetahui apakah website Anda tidak muncul di mesin pencari Google, Anda dapat melakukan pencarian dengan menggunakan kata kunci yang relevan dengan konten situs Anda. Jika situs Anda tidak muncul di hasil pencarian, maka Anda dapat memeriksa konfigurasi SEO situs Anda, memeriksa indeksasi situs di Google Search Console, atau menggunakan layanan SEO untuk meningkatkan visibilitas situs Anda di mesin pencari.

Artikel Lainnya

© Copyright 2024 Alamat Kp.Partel RT/03 RW/09 Cibatu Garut WEST JAVA Indonesia Kode Pos 44185 | WA +6285864523924 TetaDigital Cara Sukses di Dunia Digital | Privacy Policy | Terms and Conditions | Disclaimer