Konsultasi GRATIS!

7 Teknik Penulisan Artikel SEO-Friendly untuk Blogger Pemula

 

7 Teknik Penulisan Artikel SEO-Friendly untuk Blogger Pemula

Halo Para blogger maniaπŸ€— kali ini Teta Mau bahas tentang! Bagi blogger pemula, menulis artikel SEO-friendly bisa menjadi tugas yang menakutkan. Namun, dengan teknik penulisan yang tepat, kamu bisa membuat artikel yang mudah ditemukan oleh mesin pencari dan juga menarik untuk dibaca oleh pembaca. Dalam artikel ini, Teta akan membahas 7 teknik penulisan artikel SEO-friendly untuk blogger pemula. 

MUNGKIN KAMU PERLU TOOLS SEO GRATIS

1. Menentukan Kata Kunci 

Menentukan kata kunci adalah langkah pertama dalam menulis artikel SEO-friendly. Pilih kata kunci yang relevan dengan topik artikel, dan pastikan kata kunci tersebut memiliki volume pencarian yang cukup tinggi. Kamu juga bisa menggunakan alat bantu seperti Google AdWords Keyword Planner untuk menemukan kata kunci yang tepat.

Menentukan Kata Kunci

2. Menentukan Struktur Artikel 

Struktur artikel yang baik akan membuat artikelmu mudah dibaca oleh pembaca dan mesin pencari. Gunakan subjudul, paragraf pendek, dan poin-poin untuk memecah artikel menjadi bagian-bagian yang lebih kecil dan mudah dicerna. 

 3. Menulis Judul yang Menarik 

Judul yang menarik akan membantu artikelmu untuk menarik perhatian pembaca dan juga mesin pencari. Gunakan kata-kata yang menarik dan jangan lupa untuk menyertakan kata kunci di dalam judul. 

 4. Menulis Deskripsi yang Relevan 

Deskripsi artikelmu juga penting untuk menarik perhatian pembaca dan mesin pencari. Gunakan deskripsi yang relevan dengan isi artikelmu dan jangan lupa untuk menyertakan kata kunci di dalamnya. 

 5. Membuat Konten yang Berkualitas 

Konten yang berkualitas akan membuat pembaca betah membaca artikelmu. Pastikan kontenmu informatif, mudah dipahami, dan tidak terlalu panjang. 

 6. Mengoptimalkan Gambar dan Video

 Gambar dan video yang relevan dengan kontenmu bisa membantu artikelmu untuk lebih menarik perhatian pembaca. Pastikan gambar dan video yang kamu gunakan memiliki deskripsi yang relevan dan juga ukuran yang tidak terlalu besar. 

 7. Membuat Tautan Internal dan Eksternal 

Tautan internal dan eksternal bisa membantu mesin pencari untuk memahami konten artikelmu. Gunakan tautan internal untuk menghubungkan artikelmu dengan artikel lain di blogmu dan tautan eksternal untuk menghubungkan artikelmu dengan sumber yang relevan.

 
Membuat Tautan Internal dan Eksternal
Penggunaan tag pada HTML memiliki beberapa tujuan, antara lain: - Menampilkan kutipan dari sumber tertentu. - Memberikan penekanan pada teks tertentu. - Membuat teks lebih mudah dibaca. Dalam menulis artikel SEO-friendly, penggunaan tag bisa membantu untuk menekankan kata kunci yang relevan dengan artikelmu. Demikianlah 7 teknik penulisan artikel SEO-friendly untuk blogger pemula. Dengan menerapkan teknik-teknik di atas, kamu bisa membuat artikel yang mudah ditemukan oleh mesin pencari dan menarik untuk dibaca oleh pembaca. Selamat mencoba!
Tidak hanya itu, ada beberapa tips tambahan yang bisa kamu terapkan untuk membuat artikelmu lebih SEO-friendly, di antaranya:

1. Gunakan Meta Deskripsi

Meta deskripsi adalah deskripsi singkat yang muncul di bawah judul artikel pada hasil pencarian. Gunakan meta deskripsi yang menarik dan relevan dengan isi artikelmu agar pembaca tertarik untuk mengklik artikelmu.
Meta Deskripsi

2. Gunakan URL yang Relevan

Gunakan URL yang relevan dengan isi artikelmu dan juga mudah diingat oleh pembaca. Hindari menggunakan URL yang terlalu panjang dan tidak jelas.

3. Gunakan Tag Heading dengan Tepat

Gunakan tag heading seperti

,

, dan

untuk memecah artikelmu menjadi bagian-bagian yang lebih kecil dan mudah dipahami oleh pembaca dan mesin pencari. Pastikan tag heading yang kamu gunakan relevan dengan isi artikelmu.

4. Gunakan Alt Text pada Gambar

Alt text adalah deskripsi singkat yang muncul ketika gambar tidak bisa dimuat. Gunakan alt text yang relevan dengan gambarmu dan jangan lupa untuk menyertakan kata kunci di dalamnya.

5. Gunakan Tautan yang Relevan

Gunakan tautan yang relevan dengan isi artikelmu dan juga mudah dipahami oleh pembaca. Hindari menggunakan tautan yang tidak jelas dan tidak relevan.
Gunakan Tautan yang Relevan
Dengan menerapkan teknik-teknik di atas, kamu bisa membuat artikelmu lebih SEO-friendly dan mudah ditemukan oleh pembaca dan mesin pencari. Jangan lupa untuk selalu menulis konten yang berkualitas dan relevan dengan topikmu. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu para blogger pemula. Terima kasih telah membaca!

Kesimpulan

Dalam menulis artikel SEO-friendly, terdapat beberapa teknik yang perlu diterapkan, seperti menentukan kata kunci yang relevan, menentukan struktur artikel, menulis judul dan deskripsi yang menarik, membuat konten yang berkualitas, mengoptimalkan gambar dan video, serta membuat tautan internal dan eksternal. Selain itu, terdapat beberapa tips tambahan yang bisa kamu terapkan, seperti menggunakan meta deskripsi, URL yang relevan, tag heading dengan tepat, alt text pada gambar, dan tautan yang relevan.
SEO-Friendly
Dengan menerapkan teknik-teknik tersebut, kamu bisa membuat artikel yang mudah ditemukan oleh mesin pencari dan menarik untuk dibaca oleh pembaca. Ingatlah selalu untuk menulis konten yang berkualitas dan relevan dengan topikmu. Jangan lupa juga untuk terus belajar dan mengembangkan kemampuanmu dalam menulis artikel SEO-friendly. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu para blogger pemula. Terima kasih telah membaca!
© Copyright 2023 Alamat Kp.Partel RT/03 RW/09 Cibatu Garut WEST JAVA Indonesia | WA +6285759424527 TetaDigital Cara Sukses di Dunia Digital | Privacy Policy | Terms and Conditions | Disclaimer jawarablog.com